Wednesday, November 21, 2012

Jembatan Suramadu, Pulau Madura

Kurang lebih dua bulan lalu, aku dan sekeluarga menuju ke Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Sidoarjo untuk menghadiri acara pertunangan kakak sepupuku. Udah lama sekali semenjak kurang lebih 4 tahun yang lalu saat masih menginjak bangku SMA kelas 2 terakhir kalinya aku ke Sidoarjo. Kangen memang ma kota yang satu ini, terlebih setelah aku tinggal lama sekarang udah jadi lebih indah kotanya. Lebih macet juga pastinya. Kaget sih pas pertama turun dari stasiun Wonokromo dan dijemput paman aku, butuh 1 jam buat sampai rumah Pamanku gara – gara macetnya minta ampun deh, Jogja aja kalah.

Kalau di Jawa Tengah, acara pertunangan kebanyakan biasanya dilakukan di siang hari. Nah, di Jawa Timur kata Pamanku udah kebudayaan sini acaranya pada malam hari, terutama sehabis waktu Isya’. Karena kakak sepupuku cewek jadinya wajib yang jadi tuan rumah. Baru datang dari perjalanan kereta selama 8 jam dari Klaten, yah mau bagaimana lagi, secapek apapun tetep bantuin persiapan buat acara nanti malam. Pas bantu – bantu persiapan, pikiranku tertuju pada pertandingan timnas yang diadakan bersamaan saat itu juga. Ditambah pertandingannya diadakan di Stadion Gelora 10  November Surabaya. Andai acara pertunanganya besok, aku dah nonton di tribun stadion barisan depan,hehe

Pas malam cara pertunangan diadakan, duh mah capeknya minta ampun. Mana disuruh jadi juru foto, bantu – bantuin bawa ini – itu buat para tamu, yah olahraga malam deh pokoknya. Kira – kira ya jam 9 malam lebih dah kelar acaranya. Yang unik nih, di Jawa Timur kalau acara sudah selesai dan makanan masih banyak, ya tetangga – tetangga, para tamu, langsung dengan sendirinya ambil plastik dan ambilin makanan kesukaan masing – masing buat dibawa pulang dengan sendirinya. Aku jadi lucu lihatnya, soalnya kan lo dijawa Tengah kan kita sungkan lo kayak gtu. Kata Pamanku sih itu dah lumrah disini. Yah, itulah uniknya Indonesia, beragam kebudayaan dan tradisi.

Nah besoknya nih hari yang aku tunggu – tunggu. Setelah semalaman tidur ngorok melepas lelah, paginya aku menagih janji Paman aku yang katanya mau ngajak ke Suramadu sebelum aku pulang keesokan harinya. Dengan begitu siang harinya kita sekeluarga berangkat deh ke Suramadu. Aneh ya rekreasi kuk ke Jembatan, hahaha. Tapi ya gapapa, kan Suramadu jembatan terpanjang se-Indonesia. Panjangnya aja 5,5 KM jadi emang wajib dikunjungi. Jembatan Suramadu Menghubungkan Pulau surabaya dan Madura. Tujuan dibangun nih jembatan agar mempermudah akses jalan darat di selat Madura bagi masyarakat, tetapi lebih tepatnya untuk  akses mempercebat pembangunan di pulau Madura meliputi bidang infrastruktur dan ekonomi yang relatif tertinggal. Di bawah ini aku mau share photo pas berada di jembatan Suramadu. Memang sing pengemudi dilarang berhenti pas melaju di atas jembatan. Tapi lo pas sepi gak ada patroli, kita bisa lihat kuk banyak yang foto2 narsis. Maap lo potonya jelek, Cuma pakai kamera HP seadanya

Ini foto saat berada di jembatan utamanya. Jembatan Utamanya menggunakan konstruksi Kabel dan ditopang oleh menara kembar setinggi 140 meter.

Kalau gak ada Patroli Polisi. Yah aman - aman aja berhentiin mobil dan berfoto sepuasnya. Tapi kalau dari jauh dah kelihatan patrolinya, cepet - cepet masuk lagi, hehe.

Setelah puas foto - foto, langsung aja menuju ke pulau Maduranya. Dari kaca dalam mobil dah kelihatan dari jauh pulau Maduranya. Pemandangannya sangat bagus lo aslinya dan udaranya sangat sejuk karena anginnya kencang dan suara desir ombaknya seakan gak habis2.

Saat pertama kali menginjakkan kaki di tanah Madura, setelah melewati pintu tol utama kita disambut oleh Pasar yang menjual beraneka ragam pernak - pernik cinderamata mulai dari batik Madura, dll.

Ketiga Foto diatas udah jelas memperlihatkan betapa gersang dan tertinggalnya wilayah Madura itu. Makanya kuk sate Madura bertebaran di Jawa, mau jual di padang gersang giini siapa yang mau beli? Oleh karena itu  pemerintah sudah tepat membangun jembatan Suramadu untuk akses pembangunan Infrastruktur dan Ekonomi.

Saat memasuki Kota Bangkalan, kita sudah bisa menemukan pemukiman penduduk yang padat

Di tengah perjalanan, perutku keroncongan. Aku bilang ke Pamanku saatnya kuliner, trus Pamanku memberiku kebebasan untuk memilih makanan apa saja yang ada di Pulau Madura ini. Aku sih gak tau makanan khas Madura, setahuku cuma sate Madura, tapi di tengah perjalanan aku melihat plang bertuliskan bebek bengal yang menggugah selera. Ya aku suruh Pamanku untuk segera memutar menuju ke rumah makan itu.

Bebek bengal. Aku kepikiran apa bebek disini nakal - nakal ya. Atau sekedar hanya nama rumah makannya. Saat masuk ke dalam restoran, pilihanku tertuju pada Bebek rendang di buku menu. Pas nulis ini pun aku jadi ngiler kembali lo teringat saat itu.

Yah Beginilah Bebek Rendang yang aku pesan. Aku kaget saat saos lomboknya tu gak karuan banyaknya. Benar - benar bengal pokoknya. Tapi hanya bengal tampilannya saja kuk. Setelah dicicipi, saos lomboknya tak lebih dari lebih dari sekedar bumbu penikmat saja. Nikmat, kenyang, tapi gak benar - benar sampai ngeluarin keringat. Alhamdulliah deh :)

Beres Kang Liong :)

IE Blog said...

wach jembatan suramadu baru sekali saya ke sana..
hehe

Reza Ari said...

mantap mas broo

The Other Side said...

hehehehe saya juga baru kali sobat sekalian, tetapi berkesan. Suatu saat pasti mampir lagi kesana lo ada waktu :)

BAGI ILMU said...

wah asik yahhh

ppp said...

rupanya mantap juga ya sob, saya memang kurang tahu selama ini..
terima kasih sudah berbagi

zookdee said...

mantap gan, saya sudah pernah berjalan di jembatan itu, sukses

LELA LIKE LELE said...

suramadu jembatan terpanjang di asia tenggara

Forester said...

suramadu is the best lah... ditunggu knjungn baliknya hehehee... http://forester-untad.blogspot.com/

Ahmad Sabree said...

nice entry

wongcrewchild said...

jembatan yang luar biasa...

Kang Fendi said...

Aku juga pengen ke suramadu... hehehe

Unknown said...

jadi pengin poto-poto si suramadu. kapan yah bisa kesana? salam kenal ya bro? follow juga my blog yah? thanks..

The Other Side said...

Suatu saat bang Ibrahim lo ada waktu luang, berkunkung saja ke Suramadu sama keluarga, dijamin gak nyesel. Oke, aku follow blog nya. Makasih dah komentar :)

LELA LIKE LELE said...

Jangan lupa mampir ke bebek

iu said...

wah keren sob,,,saya juga pengen berkunjung asik bgt kayaknya, mksh sudah berbagi

Foto Lokasi said...

salam kawan, FOTOLOKASI.COM tertarik dengan Foto Jembatan Suramadu nya. kalau berkenan bisa izin pakai gambar fotonya sebagai kontributor di FOTOLOKASI.COM.

Nama atau Nickname bro Arief W.S serta Alamat situs nya akan dicantumkan sebagai kontributor, terima kasih [see our Term of Service].

The Other Side said...

Silahkan dipakai fotoonya, dengan senang hati kuk. Terima kasih sudah berkunjung bang admin fotolokasi :)

bandyaga said...

wah keren sobb

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...